Penyebab Kamera CCTV Menjadi Kabur dan Blur ?

posted in: Tutorial | 0

RAJA CCTV Kamera CCTV umumnya memiliki ukuran lensa 3.6mm, dipagu dengan lampu infrared untuk mendukung pencahayaan ketika lowlight, ukuran lensa kecil membuat sebuah objek kecil yang menutup lensa atau kotoran kecil juga terlihat menjadi besar.

Berikut hal-hal yang menyebabkan kamera sering blur/kabur.

  1. Penyebab kamera sering kabur yang paling umum ditemukan dikarenakan efek air (lumut) dan debu pada lensa kaca penutup kamera yang bisa kita atasi dengan membersihkan lensa dengan cairan pembersih dan kain microfiber, namun yang perlu diingat masih banyak kemungkinan lain yang menyebabkan kamera menjadi kabur.
    selain kotor
  2. Kamera tidak terpasang kuat pada Chipset, coba periksa lensa dibagian dalam bisa saja lensa sudah tidak terpasang rapat, biasanya posisi frame menjadi tidak pas dengan lensa kencangkan lensa yang mengunci pada chipset, sambil cek kualitas gambarnya, sehingga memberikan efek blur akan berubah sesuai dengan yang akan putar.
  3. Periksa Jack BNC , Pastikan kabel dan Jack terpasang dengan baik, sehingga transmiter data video menjadi lebih baik, jika ingin meyakinkan apakah ada pengaruh kabel Coaxial yang bermasalah, coba dengan memasang kamera pada kabel terdekat, atau buat kamera berukuran 1 meter untuk melakukan uji coba.
  4. Sensor Chipset Kamera yang melemah, dalam chipset kamera terbagi berbagai komponen sensor, salah satunya sensor video, namun berbagai kamera memiliki bentuk komponen yang berbeda-beda posisi dan bentuk.
  5. Kekuatan Arus Listrik, Optimalnya kamera menangkap gambar juga dipengaruhi oleh kuatnya aliran listrik, semakin kuat arus yang masuk sesuai dengan spesifikasi kamera, maka semakin bagus gambar yang ditangkap, ada kemungkinan listrik tidak lagi mengalir dengan baik, coba cek arus listrik menggunakan adaptor yang tambahan atau yang berbeda, pastikan apakah ada perubahan ketika anda menggati adaptor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *