Pengertian HD-CVI, HD-TVI dan AHD CCTV

posted in: Tutorial | 0

RAJA CCTV Palembang – Sejak 2012 Kamera CCTV terus menerus berkembang hingga 2018/2019, hal yang paling banyak berubah adalah teknologi, Teknologi CCTV menjadi sangat cepat dikarenakan banyaknya Produsen CCTV yang memamerkan teknologi terbarunya.

Salah satu Produsen aasl China Dahua sudah memperkenalkan teknologi HD-CVI (High Definition Composite Video Interface) sejak 2012, namun baru merambah Indonesia 2016, sistem Teknologi CCTV High Definition melalui kabel coaxial seperti CCTV analog.

HDCVI saat ini mampu menembus batasan resolusi sistem CCTV analog tradisional dan mampu memberikan gambar lebih maksimal dengan resolusi kamera megapixel dengan jarak berkisar 500 meter.

Kemudian tidak lama berselang, hadir juga terobosan Produsen dengan Sistem CCTV HD-TVI, HD-TVI (High Definition Transport Video Interface) juga merupakan sistem Video HD melalui kabel coaxial. HD-TVI dikembangkan oleh Techwell Inc. Saat ini banyak sekali pengguna DVR menggunakan Teknologi Chipset Techwell untuk kamera CCTV analog.

Ketika sistem CCTV analog belum mampu mencapai resolusi megapixel dan IP Camera mempunyai kelemahan yaitu “network delay” , pasar membutuhkan CCTV HD (High Definition) berbasis kabel coaxial , kemudian Techwell menemukan teknologi HDTVI dengan chipset video HD 720p dan 1080p. Salah satu pabrikan yang mengadopsi teknologi HD-TVI adalah Hikvision.

Teknologi CCTV AHD awalnya dikembangkan oleh Nextchip Corporation , sebuah perusahaan semikonduktor asal Korea yang memproduksi chip-chip untuk produk

CCTV / surveillance. Nextchip berperan penting dalam mengembangkan produk CCTV, desain sistem referensi, termasuk aplikasi yang berkaitan dengan AHD. Produk AHD ini memudahkan transisi dari sistem pengawasan video analog ke digital.

Kesamaan antara HDCVI , HDTVI dan AHD
HD-CVI , HD-TVI dan AHD adalah chipset video analog progressive-scan yang menggunakan kabel coaxial, semua chipset ini dipasang di kamera CCTV.
Beroperasi sama dengan sistem CCTV analog biasa dapat dengan mudah upgrade dari sistem CCTV 960h. HD-CVI , HD-TVI dan AHD ini mengikuti standar pengkabelan CCTV analog tradisional, sehingga pengguna dapat menyesuaikan sistem CCTV 906h/D1 dengan CCTV High Definition dengan hanya mengganti kamera dan DVR saja.
kelebihan AHD adalah harganya jauh lebih murah dibanding CVI dan TVI dengan kualitas gambar yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *