Lompat ke konten
Beranda » Blog » Mengenal Teknologi CCTV Wireless dan Cara Kerjanya

Mengenal Teknologi CCTV Wireless dan Cara Kerjanya

Mengenal Teknologi CCTV Wireless dan Cara Kerjanya

Banyak orang yang menggunakan teknologi CCTV atau Closed Circuit Television untuk memantau keamanan di rumah, kantor, dan tempat umum. Seiring perkembangan teknologi, CCTV mengalami perkembangan signifikan, salah satunya adalah perangkat sistem keamanan CCTV nirkabel. Artikel kita kali ini, Mengenal Teknologi CCTV Wireless dan Cara Kerjanya?.

CCTV wireless menggunakan koneksi jaringan nirkabel atau Wi-Fi untuk mengirimkan sinyal video ke perangkat penerima. Teknologi ini sangat populer karena instalasinya yang mudah dan tidak memerlukan kabel yang rumit.

Cara kerja teknologi CCTV wireless cukup sederhana. Kamera CCTV wireless akan merekam video dan mengirimkannya melalui koneksi Wi-Fi ke perangkat penerima, seperti laptop atau smartphone. Perangkat penerima akan menampilkan video tersebut dalam bentuk live streaming atau merekamnya untuk ditonton nanti.

Dalam menggunakan CCTV wireless, perlu memperhatikan beberapa hal.

  • Gunakan internet yang stabil untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ini akan membuat streaming video menjadi lebih cepat dan lancar.
  • Kamera ini sebaiknya tempatkan pada area strategis agar mudah dapat memonitoring secara jelas .
  • Gunakan memory card sebagai media penyimpanan yang besar, dan sebaiknya sering mengecek apakah rekamannya berjalan baik.

Teknologi CCTV wireless saat ini dilengkapi dengan fitur canggih, seperti adanya fitur motion detection, night vision dan dua arah audio. Sistem Motion detection berfungsi untuk mengirimkan notifikasi ke perangkat penerima ketika ada gerakan di area yang dipantau, sedangkan night vision akan membantu merekam video pada kondisi minim cahaya. Dua arah audio memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang yang berada di area yang dipantau.

Penting juga untuk kita ketahui, CCTV wireless juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah jangkauan Wi-Fi yang terbatas. Pengguna CCTV wireless hanya bisa memanfaatkannya di area yang memiliki koneksi Wi-Fi yang cukup kuat. Kecuali jika Anda menggunakan jaringan internet kabel, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki perangkat penerima yang kompatibel dengan koneksi Wi-Fi.

3 hal yang perlu diperhatikan saat membeli CCTV Wireless.

  • Pastikan kamera memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk menghasilkan video yang jelas dan tajam.
  • Pilih kamera yang memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan, seperti motion detection atau night vision.
  • Sesuaikan spesifikasi dengan harga yang anda beli, cari resolusi tertinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel Terkait CCTV Wireless