Lompat ke konten
Beranda » Blog » Kelebihan dan Kekurangan Memory Card untuk CCTV

Kelebihan dan Kekurangan Memory Card untuk CCTV

Memory card micro SD adalah salah satu jenis memory card yang paling banyak digunakan dalam sistem CCTV. Memory card micro SD memiliki ukuran kecil dan ringan, namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, mulai dari 2 GB hingga 1 TB. Dalam penggunaannya, memory card micro SD sangat mudah dipasang pada DVR CCTV dan memiliki kemampuan untuk merekam dan menyimpan video dengan kualitas tinggi.

Kelebihan Memory Card untuk CCTV:

  • Micro SD memiliki ukuran yang kecil dan ringan, sehingga sangat mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini menjadi kelebihan yang sangat berguna bagi pemilik bisnis atau pengguna CCTV yang sering berpindah-pindah lokasi.
  • Memory card tidak memerlukan sumber daya eksternal untuk bekerja. Dalam arti, memory card tidak memerlukan daya listrik seperti hard disk drive (HDD). Hal ini sangat berguna ketika terjadi pemadaman listrik karena data rekaman tetap dapat disimpan dalam memory card.
  • Memory card memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kecepatan transfer data yang dimiliki oleh hard disk drive. Hal ini memungkinkan rekaman CCTV dapat disimpan secara real time dan meminimalkan kehilangan data yang terjadi.
  • Memory card lebih tahan terhadap guncangan dan goncangan yang biasanya terjadi dalam lingkungan yang kasar seperti industri atau gedung-gedung perkantoran. Hal ini membuat memory card lebih tahan lama dan dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama daripada hard disk drive.

Kekurangan Memory Card untuk CCTV:

  • Kapasitas penyimpanan memory card terbatas dibandingkan dengan hard disk drive. Sehingga, kapasitas penyimpanan data rekaman CCTV dalam memory card cenderung lebih rendah.
  • Memory card memiliki umur pemakaian yang terbatas. Seiring waktu, memory card dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan kehilangan data. Oleh karena itu, pemilik bisnis atau pengguna harus mengganti memory card secara berkala.
  • Kecepatan transfer data memory card tergantung pada jenis memory card yang digunakan. Memory card yang lebih lambat dapat memperlambat proses transfer data dan mempengaruhi kualitas rekaman CCTV.

Rekomendasi Speed Transfer: Data Penting bagi pemilik bisnis atau pengguna CCTV untuk memilih memory card micro SD dengan kecepatan transfer data yang memadai. Kecepatan transfer data yang disarankan untuk rekaman CCTV adalah minimal 10 MB per detik. Namun, jika kecepatan transfer data memory card yang dipilih terlalu rendah, maka kualitas rekaman CCTV dapat terpengaruh.

Selain itu, pemilik bisnis atau pengguna CCTV juga harus mempertimbangkan jenis file rekaman CCTV yang digunakan untuk menentukan kecepatan transfer data yang dibutuhkan. Format rekaman CCTV yang paling umum adalah H.264 dan H.265. Format H.264 membutuhkan kecepatan transfer data sekitar 2-4 MB per detik untuk merekam video dengan resolusi 720p atau 1080p, sedangkan format H.265 membutuhkan kecepatan transfer data sekitar 4-8 MB per detik untuk merekam video dengan resolusi yang sama.

Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan kelas speed pada memory card yang dipilih. Memory card yang memiliki kelas speed lebih tinggi, seperti kelas UHS-1 atau UHS-3, dapat memberikan kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada memory card dengan kelas speed yang lebih rendah.

Menurut Kami

Memory card micro SD adalah salah satu jenis media penyimpanan yang banyak digunakan dalam sistem CCTV. Memory card memiliki kelebihan, seperti ukuran yang kecil dan ringan, hemat daya listrik, kecepatan transfer data yang lebih cepat, dan lebih tahan terhadap guncangan. Namun, memory card juga memiliki kekurangan, seperti kapasitas penyimpanan yang terbatas, umur pemakaian yang terbatas, dan kecepatan transfer data yang tergantung pada jenis memory card yang digunakan. Oleh karena itu, pemilihan memory card micro SD yang tepat dengan kecepatan transfer data yang memadai sangat penting untuk memastikan kualitas rekaman CCTV yang baik.