Lompat ke konten
Beranda » Blog » 5 Tanda Tanda CCTV Rusak dan Begini cara mengetahuinya

5 Tanda Tanda CCTV Rusak dan Begini cara mengetahuinya

DVR (Digital Video Recorder) adalah salah satu komponen penting dalam sistem keamanan CCTV. Fungsi utama DVR adalah merekam dan menyimpan video dari kamera CCTV. Jika DVR rusak, maka sistem CCTV tidak akan dapat merekam atau menyimpan video, sehingga akan mengurangi tingkat keamanan dan keselamatan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda jika DVR rusak. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah DVR CCTV rusak atau tidak.

  1. Tidak ada tampilan gambar pada monitor Salah satu tanda utama jika DVR CCTV rusak adalah tidak adanya tampilan gambar pada monitor. Ini dapat terjadi jika kabel antara DVR dan monitor terputus, atau jika monitor rusak. Namun, jika kabel dan monitor telah diuji dan masih tidak menampilkan gambar, maka kemungkinan besar masalah terletak pada DVR.
  2. Tidak ada rekaman video baru Jika DVR CCTV tidak merekam video baru, maka ada kemungkinan bahwa DVR telah rusak. Pastikan untuk memeriksa kapasitas penyimpanan pada DVR untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan ruang penyimpanan. Jika kapasitas penyimpanan masih cukup, namun tidak ada rekaman yang disimpan, maka DVR harus diperiksa.
  3. Lampu indikator mati atau berkedip Lampu indikator pada DVR CCTV dapat memberikan petunjuk jika DVR rusak. Jika lampu indikator mati, maka DVR mungkin tidak mendapatkan daya listrik yang cukup. Namun, jika lampu indikator berkedip atau menyala dengan warna yang tidak biasa, maka ini bisa menjadi tanda-tanda masalah yang lebih serius pada DVR.
  4. DVR tidak terhubung ke jaringan atau internet Jika DVR CCTV terhubung ke jaringan atau internet dan tidak dapat diakses melalui aplikasi atau browser, maka ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa DVR rusak. Pastikan bahwa DVR terhubung ke jaringan atau internet dengan benar, dan periksa apakah ada masalah dengan koneksi.
  5. Suara yang tidak biasa Jika DVR CCTV mengeluarkan suara yang tidak biasa seperti bunyi berisik atau bising, maka ini bisa menjadi tanda-tanda masalah pada DVR. Suara yang tidak biasa dapat menandakan masalah pada komponen internal DVR, seperti kipas pendingin atau hard drive.