Cara Mengatasi INFRARED/INFRAMERAH CCTV Tidak Menyala

posted in: TUTORIAL CCTV | 0

Infrared CCTV memang menjadi bagian penting untuk membantu ketika kamera gelap tanpa cahaya, sayangnnya banyak sekali terjadi kerusakan pada infrared atau inframerah CCTV, hal ini sering terjadi karena adanya kerusakan pada IR Night mode yang mensupport Infrared, pada dasarnya dilakukan dulu pemeriksaannya apakah infrared berfungsi, pastikan anda mematikan seluruh cahaya, sehigga infrared akan berfungsi secara otomatis, jika masih ada suara “tek” artinya sensor IR colornya bagus kendalanya berarti pada lampu inframerah atau infrared, namun jika tidak ada respon sama sekali berarti sensor infrarednya yang bermasalah, jika ini terjadi sedikit sulit diperbaiki karena tergabung pada chipset kamera.

Apa langkah lain yang harus kita lakukan ?
Pertama cek dulu Sensor Intensitas Cahaya : Perangkat ini berada di alur terdepan yang menentukan Infrared aktif atau non aktif, Resistor cahaya ini menjadi penentu untuk sensor, besar kemungkinan jika sensor resitor rusat atau dalam keadaan bekerja sehingga terus-menerus mentransmisi triger atau menganggap keadaan object dalam keadaan tidak ada cahaya.

kita bisa membersihkannya apabila memang tertutup debu, karena hal ini sering terjadi ketika kamera sudah berumur, atau jika anda sedikit mengerti tentang mekanikal chipset kita bisa menggantinya dengan sensor baru, sensor resistor ini umumnya terpasang pada bagian lampu-lampu infrared.

Kedua IR Cut Filter macet dalam posisi menutup. Jika IR Cut Filter dalam posisi menutup lubang lensa maka otomatis gambar akan hitam putih, seharusnya IR cut filter ini hanya menutup saat mendapatkan triger dari LDR atau sensor intensitas cahaya. penyebab IR cut filter macet bisa bermacam-macam seperti magnet penggerak ir cut tidak berfungsi, atau faktor lainnya plastik filter film negatif sudah tidak rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *