Lompat ke konten
Beranda » Blog » Power Supply untuk CCTV, Bagusnya Berapa Ampere ?

Power Supply untuk CCTV, Bagusnya Berapa Ampere ?

Power Supply CCTV merupakan sebuah komponen penting dalam instalasi sistem keamanan CCTV. Fungsi utama dari power supply ini adalah untuk menyediakan daya listrik yang dibutuhkan oleh kamera CCTV agar dapat beroperasi dengan baik. Sebelum memilih power supply, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama terkait dengan jumlah kamera CCTV yang akan dipasang.

Kapasitas power supply yang dibutuhkan akan bergantung pada jumlah kamera CCTV yang akan dipasang. Setiap kamera CCTV memiliki kapasitas daya yang berbeda-beda, namun pada umumnya berkisar antara 1A hingga 2A. Oleh karena itu, jika kita ingin memasang beberapa kamera CCTV, maka kita harus menghitung kapasitas daya yang dibutuhkan oleh seluruh kamera tersebut.

Sebagai contoh, jika kita ingin memasang 4 kamera CCTV dengan kapasitas daya masing-masing 1A, maka total kapasitas daya yang dibutuhkan adalah 4A. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan power supply dengan kapasitas 5A agar masih terdapat sisa daya yang bisa digunakan sebagai penghantar. Namun, sebaiknya kita memilih power supply yang memiliki kapasitas yang lebih besar agar tidak terjadi penurunan daya yang signifikan pada kamera CCTV jika jarak antara power supply dan kamera cukup jauh.

Jika kita ingin memasang 8 kamera CCTV, kita dapat menggunakan power supply dengan kapasitas 10A untuk jarak pendek. Namun, jika jaraknya cukup jauh, disarankan untuk menggunakan power supply dengan kapasitas 20A agar daya listrik yang disediakan dapat mencukupi kebutuhan semua kamera CCTV dan masih terdapat sisa daya yang dapat difungsikan sebagai penghantar. Hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas hasil gambar yang ditampilkan oleh kamera CCTV, karena kamera memerlukan daya yang stabil agar dapat menampilkan gambar dengan jelas dan tajam.

Dalam memilih power supply CCTV, perlu diperhatikan pula kualitas dan keamanan power supply yang dipilih. Pastikan power supply yang dipilih memenuhi standar keamanan listrik dan memiliki sistem proteksi yang baik untuk mencegah terjadinya korsleting atau hubungan pendek yang dapat merusak sistem CCTV. Dengan memperhatikan semua hal ini, kita dapat memilih power supply CCTV yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu menyediakan daya listrik yang stabil untuk semua kamera CCTV yang dipasang.