Lompat ke konten
Beranda » Blog » Penyebab Kamera CCTV Kabur dan Tidak Jelas, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Kamera CCTV Kabur dan Tidak Jelas, Begini Cara Mengatasinya

Kamera CCTV umumnya dilengkapi dengan lensa 3.6mm dan menggunakan lampu infrared dan flashlight untuk mendukung pencahayaan pada kondisi lowlight. Dengan ukuran lensa yang kecil, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada gambar, ketika ada objek kecil atau kotoran yang menutup lensa, sehingga mengganggu hasil atau tampilan kamera CCTV.

Berikut beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan kamera CCTV menjadi kabur dan cara mengatasinya:

  1. Efek air (lumut) dan debu pada lensa kaca penutup kamera dapat menyebabkan kamera menjadi kabur. Ini dapat diatasi dengan membersihkan lensa dengan cairan pembersih dan kain microfiber. Namun, perlu diingat bahwa masih banyak kemungkinan lain yang dapat menyebabkan kamera menjadi kabur.
  2. Lensa Kamera yang tidak terpasang dengan kuat pada chipset dapat menyebabkan lensa menjadi tidak pas dan posisi frame tidak sesuai dengan lensa. Coba periksa lensa di bagian dalam dan kencangkan lensa yang mengunci pada chipset sambil memeriksa kualitas gambar.
  3. Periksa Jack BNC dan pastikan kabel dan Jack terpasang dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan kualitas transmiter data video. Jika ingin meyakinkan apakah ada pengaruh kabel coaxial yang bermasalah, coba pasang kamera pada kabel terdekat atau buat kamera berukuran 1 meter untuk melakukan uji coba.
  4. Sensor chipset kamera yang melemah dapat menyebabkan gambar menjadi kabur. Komponen sensor video pada chipset kamera dapat memiliki posisi dan bentuk yang berbeda-beda pada berbagai kamera. Selain itu memungkinkan juga chipset mengalami kerusakan.
  5. Kekuatan arus listrik dapat mempengaruhi kualitas gambar yang ditangkap. Semakin kuat daya listrik yang diterima kamera, maka semakin baik gambar yang ditangkap. Ada kemungkinan arus listrik tidak mengalir dengan baik. Coba periksa arus listrik menggunakan adaptor yang tambahan atau yang berbeda dan pastikan apakah ada perubahan ketika mengganti adaptor.

Demikianlah tutorial CCTV tentang penyebab kamera CCTV menjadi kabur. Semoga bermanfaat bagi Anda. – RAJA CCTV Palembang