Lompat ke konten
Beranda » Blog » Kenapa CCTV Cepat Rusak? Tips Agar CCTV Awet & Tahan Lama

Kenapa CCTV Cepat Rusak? Tips Agar CCTV Awet & Tahan Lama

Kenapa CCTV Cepat Rusak? Tips Agar CCTV Awet & Tahan Lama

CCTV atau Closed Circuit Television menjadi alat yang sangat penting untuk mengawasi dan melindungi properti dan aset Anda. Dengan adanya CCTV, Anda dapat memantau dan merekam kejadian yang terjadi di sekitar tempat Anda secara real-time. Namun, terkadang CCTV cepat rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Lalu, apa yang menjadi penyebab CCTV cepat rusak dan bagaimana cara agar CCTV Anda awet dan tahan lama? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab CCTV Cepat Rusak

  1. Kurangnya Pemeliharaan

Salah satu penyebab utama CCTV cepat rusak adalah kurangnya pemeliharaan. CCTV yang tidak rutin dibersihkan dan diperiksa secara berkala cenderung lebih mudah mengalami kerusakan. Debu, kotoran, dan bahan kimia dari lingkungan sekitar dapat menyebabkan kerusakan pada kamera CCTV. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kamera CCTV secara rutin dan menghindari paparan bahan kimia yang dapat merusak kamera CCTV.

  1. Penggunaan Listrik yang Tidak Stabil

CCTV membutuhkan pasokan listrik yang stabil untuk dapat berfungsi dengan baik. Penggunaan listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan pada CCTV. Hal ini dapat terjadi ketika arus listrik tiba-tiba naik atau turun secara drastis. Oleh karena itu, pastikan pasokan listrik pada tempat Anda stabil dan memiliki perangkat penstabil arus listrik.

  1. Pemasangan yang Tidak Tepat

Pemasangan CCTV yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kerusakan pada CCTV. Pemasangan yang tidak tepat dapat menyebabkan kabel putus, kamera CCTV yang tidak berfungsi dengan baik, dan banyak masalah teknis lainnya. Pastikan pemasangan CCTV dilakukan oleh teknisi ahli dan terpercaya agar CCTV dapat berfungsi dengan baik dan tidak cepat rusak.

Tips Agar CCTV Awet dan Tahan Lama

  1. Lakukan Pemeliharaan Secara Rutin

Salah satu cara agar CCTV Anda awet dan tahan lama adalah dengan melakukan pemeliharaan secara rutin. Membersihkan kamera CCTV dan DVR secara berkala dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kotoran dan debu. Selain itu, pastikan untuk memeriksa kabel dan konektor secara berkala untuk mencegah putusnya kabel dan kerusakan pada konektor.

  1. Gunakan Listrik yang Stabil

Pastikan tempat Anda memiliki pasokan listrik yang stabil dan menggunakan perangkat penstabil arus listrik untuk mencegah kerusakan pada CCTV akibat arus listrik yang tidak stabil.

  1. Pilih CCTV dengan Kualitas yang Baik

Pilih CCTV dengan kualitas yang baik dan terpercaya. CCTV yang berkualitas akan lebih tahan lama dan awet daripada CCTV yang berkualitas rendah.

  1. Gunakan DVR yang Tepat

DVR atau Digital Video Recorder juga menjadi faktor penting dalam menjaga keawetan CCTV. Selain itu, pastikan juga bahwa DVR yang digunakan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memperpanjang umur kerja CCTV. Misalnya fitur disk manajemen, yang akan menghapus rekaman lama dan memberikan ruang kosong pada hardisk. Fitur ini sangat membantu dalam menjaga agar hardisk tidak cepat penuh dan CCTV dapat terus merekam dengan baik.

Perawatan Rutin

CCTV yang dipasang di luar ruangan seperti di gedung perkantoran atau rumah perlu mendapat perawatan rutin. Kotoran seperti debu, dedaunan, dan hujan dapat membuat kamera dan lensa menjadi kotor dan menyebabkan kerusakan pada gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, perlu membersihkan kamera dan lensa secara rutin.

Pastikan juga bahwa kabel dan konektor dalam keadaan baik dan tidak terputus. Kabel yang terputus atau rusak dapat menyebabkan gangguan pada sistem CCTV dan menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Terkait Merawat CCTV:

Kesimpulan

CCTV cepat rusak karena beberapa faktor seperti kualitas produk yang buruk, pemilihan DVR yang tidak tepat, serta kurangnya perawatan rutin. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah produk CCTV yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, gunakan DVR yang tepat, dan lakukan perawatan rutin secara berkala.

Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan di sekitar CCTV, pastikan bahwa tidak ada gangguan seperti debu, kotoran, atau hujan yang dapat merusak perangkat.