Lompat ke konten
Beranda » Blog » Jenis Jenis Kamera CCTV

Jenis Jenis Kamera CCTV

CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television, yaitu sebuah sistem pengintaian yang memanfaatkan kamera untuk mengirimkan sinyal video ke monitor atau perekam yang terhubung dalam jaringan tertutup. Dalam dunia teknologi, banyak jenis kamera CCTV yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pengintaian.

Berikut ini adalah beberapa jenis kamera CCTV dan fungsinya:

  • Dome Kamera
    Kamera jenis ini memiliki bentuk bulat seperti dome dan biasanya dipasang di plafon. Dome Kamera cocok digunakan untuk lokasi pengintaian indoor seperti gedung perkantoran, mall, atau rumah.
  • Bullet Kamera
    Kamera jenis ini memiliki bentuk panjang seperti peluru dan biasanya dipasang di luar ruangan. Bullet Kamera cocok digunakan untuk lokasi pengintaian outdoor seperti gedung parkir, jalan, atau taman.
  • PTZ Kamera
    Kamera jenis ini memiliki fitur pan, tilt, dan zoom, sehingga memungkinkan operator untuk mengarahkan kamera ke arah yang diinginkan. PTZ Kamera cocok digunakan untuk lokasi pengintaian dengan jarak jauh seperti lapangan terbang, pelabuhan, atau stasiun kereta api.
  • CVI Kamera
    Kamera jenis ini menggunakan teknologi transmisi analog dan cocok digunakan untuk sistem pengintaian dengan jarak transmisi yang pendek. CVI Kamera memiliki kualitas gambar yang baik dan mudah dalam instalasi.
  • IP Kamera
    Kamera jenis ini menggunakan teknologi transmisi digital melalui jaringan internet, sehingga memungkinkan operator untuk melihat video dari jarak jauh melalui smartphone atau komputer. IP Kamera memiliki kualitas gambar yang lebih baik dan fitur-fitur tambahan seperti deteksi gerak dan suara.

Semua jenis kamera CCTV memiliki fungsi utama yaitu untuk melakukan pengintaian dan menjaga keamanan lokasi. Dengan adanya kamera CCTV, operator dapat memantau aktivitas yang terjadi pada lokasi pengintaian dan membuat keputusan yang tepat jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.