Lompat ke konten
Beranda » Blog » Apa itu Infra Red Pada CCTV?

Apa itu Infra Red Pada CCTV?

Infra Red (IR) merupakan salah satu fitur penting yang ada pada kamera CCTV. Fitur ini memungkinkan kamera CCTV untuk merekam gambar dalam keadaan minim atau bahkan tanpa cahaya. Hal ini membuat kamera CCTV sangat berguna bagi pemilik rumah, kantor, toko, dan tempat-tempat lain yang membutuhkan pengawasan 24 jam.

Cara kerja infra red pada kamera CCTV adalah dengan memancarkan gelombang inframerah pada lingkungan sekitar. Gelombang ini tidak dapat terlihat oleh mata manusia, namun dapat terdeteksi oleh kamera CCTV. Gelombang inframerah ini memantul pada benda-benda dan objek yang ada di sekitar kamera. Kemudian, kamera menangkap sinyal refleksi dari gelombang inframerah tersebut dan mengubahnya menjadi gambar digital.

Infra red pada kamera CCTV memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Mampu merekam gambar dalam keadaan minim cahaya atau bahkan tanpa cahaya.
  • Dapat membantu memantau lingkungan yang sangat gelap seperti parkiran, gudang, dan tempat-tempat lain yang minim cahaya.
  • Bisa digunakan sebagai deteksi pergerakan dan pengawasan 24 jam.
  • Pemasangan dan pemeliharaannya sangat mudah.

Meskipun infra red pada kamera CCTV sangat berguna, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamera bekerja dengan optimal. Pertama, jarak antara kamera dan objek yang akan direkam harus sesuai dengan spesifikasi produk. Kedua, pastikan bahwa tidak ada benda atau objek yang menghalangi penerangan inframerah.

Dengan demikian, infra red pada kamera CCTV membantu mempermudah pengawasan lingkungan dan memastikan bahwa objek yang diamati dapat direkam dengan baik dalam kondisi minim cahaya atau bahkan tanpa cahaya.

Infrared atau IR adalah cahaya yang tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi bisa diterima oleh kamera CCTV. IR digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam pada kondisi minimal cahaya atau bahkan pada kondisi gelap total. Dalam kamera CCTV, IR biasanya diterapkan dalam bentuk LED IR yang mengeluarkan sinar inframerah dan berfungsi sebagai sumber penerangan. LED IR ini menyinari objek dan memantulkan cahaya inframerah yang diterima oleh sensor kamera.

Sensor kamera mengkonversikan cahaya inframerah menjadi sinyal elektrik dan diteruskan ke sistem elektronik kamera untuk diproses dan diterjemahkan menjadi gambar. Gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV inframerah akan terlihat seperti gambar hitam putih, karena tidak ada warna yang dapat diterima oleh cahaya inframerah.

Inframerah sangat berguna dalam pengawasan, karena memungkinkan kamera CCTV untuk merekam gambar dengan jelas meskipun dalam kondisi gelap. Hal ini sangat membantu dalam mengidentifikasi objek dan melacak kegiatan yang terjadi dalam lingkup pengawasan.

Dalam hal teknologi inframerah, ada dua jenis yaitu:

  • IR Fixed: IR Fixed adalah teknologi inframerah yang memiliki jumlah LED IR tetap dan selalu menyala setiap saat.
  • IR Cut Filter: IR Cut Filter adalah teknologi inframerah yang memiliki filter IR yang dapat menyaring cahaya inframerah dan hanya menyalakan LED IR ketika dibutuhkan.

Kedua teknologi inframerah ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. IR Fixed memiliki kelebihan dalam hal penerangan yang lebih merata, serta biaya yang lebih murah. Sementara IR Cut Filter memiliki kelebihan dalam hal penghematan daya dan hasil gambar yang lebih baik.

Secara umum, teknologi inframerah pada kamera CCTV sangat membantu dalam menjaga lingkup pengawasan dan memastikan keamanan lingkungan. Kamera CCTV inframerah memiliki daya tahan yang baik dan dapat bertahan dalam kondisi cuaca yang buruk seperti hujan dan salju. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknologi inframerah, klien dapat memilih teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.